Batu empedu merupakan endapan cairan pencernaan yang mengeras yang dapat terbentuk di kandung empedu Anda. Kandung empedu Anda merupakan organ kecil berbentuk buah pir di sisi kanan perut Anda, tepat di bawah hati Anda. Kandung empedu memegang cairan pencernaan yang disebut empedu yang dilepaskan ke usus kecil Anda.

Batu empedu mempunyai ukuran mulai dari sekecil butiran pasir hingga sebesar bola golf. Beberapa orang mengembangkan hanya satu batu empedu, sementara yang lain mengembangkan banyak batu empedu pada saat yang bersamaan. 

Orang-orang yang mengalami gejala dari batu empedu biasanya membutuhkan operasi pengangkatan kandung empedu. Batu empedu yang tidak menyebabkan tanda dan gejala apa pun biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Batu empedu sendiri tidak menyebabkan rasa sakit. Sebaliknya, rasa sakit terjadi ketika batu empedu menghalangi pergerakan empedu dari kantong empedu. Menurut American College of Gastroenterology, 80 persen orang memiliki “batu empedu diam.” Ini berarti mereka tidak mengalami rasa sakit atau memiliki gejala. 

Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin menemukan batu-batu empedu dari sinar-X atau selama operasi perut.

Gejala

Batu empedu tidak menyebabkan tanda atau gejala. Jika batu empedu bersarang di saluran dan menyebabkan penyumbatan, tanda dan gejala yang dirasakan dapat meliputi:

– Nyeri yang mendadak dan meningkat secara cepat di bagian kanan atas perut Anda
– Tiba-tiba dan dengan cepat mengintensifkan rasa sakit di pusat perut Anda, tepat di bawah tulang dada Anda
– Nyeri punggung antara tulang belikat Anda
– Nyeri di bahu kananmu
– Mual atau muntah
– Nyeri batu empedu dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam.

Penyebab

Tidak jelas apa yang menyebabkan batu-batu empedu terbentuk. Dokter berpikir batu empedu dapat terjadi ketika:

– Empedu Anda mengandung terlalu banyak kolesterol.

Biasanya, empedu Anda mengandung cukup bahan kimia untuk melarutkan kolesterol yang dikeluarkan oleh hati Anda. Tetapi jika hati Anda mengeluarkan lebih banyak kolesterol daripada empedu Anda dapat larut, kelebihan kolesterol dapat terbentuk menjadi kristal dan akhirnya menjadi batu.

– Empedu Anda mengandung terlalu banyak bilirubin

Bilirubin adalah zat kimia yang diproduksi ketika tubuh Anda memecah sel-sel darah merah. Gangguan tertentu dapat mengakibatkan hati memproduksi bilirubin lebih banyak, misalnya sirosis hati, infeksi bilier dan gangguan darah. Bilirubin yang berlebihan akan berpengaruh pada pembentukan batu empedu.

Pencegahan

Anda dapat mengurangi risiko batu empedu jika Anda:

– Jangan melewatkan makan.

Cobalah untuk tetap pada waktu makan Anda yang biasa setiap hari. Melewatkan makan atau berpuasa dapat meningkatkan risiko batu empedu.

– Menurunkan berat badan secara perlahan

Jika Anda perlu menurunkan berat badan, lakukan dengan lambat. Penurunan berat badan yang cepat dapat meningkatkan risiko batu empedu. Berusahalah untuk menurunkan 1 atau 2 pon (sekitar 0,5 hingga 1 kilogram) seminggu.

– Pertahankan berat badan yang ideal. 

Obesitas dan kelebihan berat badan meningkatkan risiko batu empedu. Berusahalah untuk mencapai berat badan yang sehat dengan mengurangi jumlah kalori yang Anda makan dan meningkatkan jumlah aktivitas fisik yang Anda dapatkan. Setelah Anda mencapai berat badan yang sehat, berupayalah untuk mempertahankan berat badan itu dengan melanjutkan diet sehat Anda dan terus berolahraga.

Cara Pengobatan Batu Empedu Secara Alami dengan Tahitian Noni Original

Morinda citrifolia, tanaman dari mana Tahitian Noni Juice dibuat, tumbuh lebih besar dan lebih subur di Tahiti daripada di lokasi lainnya di dunia. Tahitian Noni Juice dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu meningkatkan kesehatan. Penderita Batu Empedu telah mendapat manfaat darinya.

Xeronine, yang terbentuk di usus besar dari substansi proxeronine yang ditemukan di Tahitian Noni Juice, dapat mendorong fungsi sel dan pertumbuhan yang tepat dalam tubuh manusia.
Tahitian Noni Juice bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan penyakit peradangan seperti kanker, diabetes, dan nyeri sendi. Antioksidan ini juga menawarkan manfaat anti penuaan pada kulit dan rambut. Selain itu Tahitian Noni berperan sebagai anti-inflamasi sehingga dapat menjadi solusi untuk pengobatan empedu selain operasi
Tahitian Noni dapat membantu pengobatan batu empedu selain operasi, juga dapat mencegah terjadinya peradangan yang diakibatkan oleh penyakit batu empedu. Tidak hanya itu, Tahitian Noni mampu mengurangi gejala yang diakibatkan oleh penyakit batu empedu dan mengurangi aktifitas enzim katalase di dalam tubuh, sehingga penyakit batu empedu akan teratasi secara bertahap hingga sembuh total.

Asosiasi Dokter Amerika juga telah mereferensikan Tahitian Noni. Referensi ini adalah sebagai pelengkap untuk proses penyembuhan atau Pengobatan Batu Empedu selain operasi dan dapat sembuh.
Anda harus mencoba mencari produk yang terbuat dari 100 persen Juice Tahitian Noni tanpa tambahan gula atau jus seperti Juice Tahitian Noni. Juice Tahitian Noni akan memberi Anda manfaat maksimal dan aman dijadikan solusi Pengobatan Batu Empedu selain operasi
Bagi Anda yang sudah mengerti, lebih baik menghindari penyebab batu empedu daripada mengobati batu empedu. Bagi Anda yang sudah menderita penyakit batu empedu, ini adalah solusi Pengobatan Batu Empedu selain operasi terbaik dari yang ada di alam.
Terdapat dua jenis Tahitian Noni yang dapat Anda nikmati, yaitu Tahitian Noni Juice Original dan Tahitian Noni Juice Maxidoid. Banyak sekali manfaat Tahitian Noni yang dapat Anda rasakan salah satunya adalah untuk 

.